Loading

Cara Membuat Blog, Bikin Web Gratisan di Blogger, atau Blogspot

2 comments

Dewasa ini banyak bertebaran situs-situs atau web site di Dunia Internet dengan beragam tampilan dan muatan, mulai dari website pribadi, website organisasi, website perusahaan, website layanan jasa, Toko online hingga ke website multi level marketing.

Saat ini Website tak lagi hanya digunakan sebagai alat unjuk jati diri, promosi produk atau jasa, kampanye, share, berbagi ilmu dan lain sebagainya namun penggunaan website tersebut telah meluas penggunaannya hingga sebagai mesin pencetak uang melalui dunia internet dengan beberapa program afiliasi seperti Google adsense, PPC (Pay per click) dan lain sebagainya.

Layanan website terbagi menjadi 2 macam yaitu website berbayar dan website yang tidak berbayar alias gratisan.

Untuk Website yang berbayar pembuatannya cukup rumit dan cukup memakan waktu, dimulai dengan membeli nama domain, memilih hosting yang tepat hingga mendesain halaman demi halaman yang ingin ditampilkan di dalam website tersebut. Namun bagi sebagian orang yang tidak mau repot-repot dengan segala tetek bengek peraturan dan cara membuat website tersebut, mereka banyak menggunakan layanan jasa pembuatan website yang bertebaran di seluruh penjuru dunia. Tentu ini dengan beberapa pengeluaran extra.

Namun bagi beberapa orang yang tidak mau repot dan tidak mau mengeluarkan uang untuk membuat website (seperti saya ini, hehehe...) banyak pula yang menggunakan layanan jasa pembuatan website instant seperti Blog dan lain sebagainya.

Untuk membuat sebuah Blog tidaklah sulit, bahkan bagi yang sudah mahir tak perlu waktu lama (hanya beberapa menit saja) sudah mampu membuat sebuah Blog yang keren dan langsung siap tayang.

Bagi teman-teman sekalian yang ingin membuat Blog saya sarankan untuk membuatnya di Blogspot.

Kenapa mesti di Blogspot? ini karena Blogspot adalah mitra kerja dari Google yang tentu kita semua tahu bahwa Google saat ini telah menjadi salah satu mesin pencari nomor wahid di dunia, sehingga bila kita membuat Blog tersebut di Blogspot maka kemungkinan Blog kita akan muncul di halaman-halaman terdepan dalam mesin pencarian (search engine) Google akan lebih besar karena Blogspot adalah salah satu anak emas dari Google tersebut.

Lantas bagaimanakah caranya? Bagi teman-teman yang belum faham tentang cara pembuatan Blog tersebut silakan teman-teman simak dan ikuti langkah demi langkah yang saya berikan di bawah ini.

  • Pertama buatlah sebuah account baru di Gmail, bagi teman-teman tunanetra silakan baca postingan saya tentang Cara membuat Email di Gmail
  • Kemudian setelah berhasil membuat Email di Gmail lalu bukalah blogspot.com dan silakan login dengan menggunakan Email dan Password dari Gmail yang telah Anda buat tadi.
  • Setelah login ke Blogspot biasanya kita akan disuruh memilih profil yang akan kita tampilkan di halaman Blog kita, di sini ada 2 pilihan yaitu Profil Google Plus dan Profil Blogger Terbatas. Silakan pilih salah satu profil yang anda suka lalu tekan tombol "Continue to Blogger/Lanjutkan ke Blogger" untuk menuju ke halaman dashboard Blog Anda.
  • Di halaman dashboard Blogger silakan cari tombol "New Blog/Blog Baru" lalu tekan Enter untuk membuat sebuah Blog.
  • Setelah terbuka dialog pembuatan Blog Baru lalu masukkan Judul yang ingin Anda tampilkan di Header Blog pada kolom isian "Title".
  • Kemudian tekan tab sekali ke alamat Blog di sini silakan ketikkan alamat Blog yang Anda inginkan. Saya sarankan di sini teman-teman pilih sebuah nama yang unik yang mudah diingat dan mungkin belum pernah digunakan oleh orang lain.
  • Kemudian tekan tab beberapa kali sampai ke Tombol Buat Blog dan tekan enter dan tunggulah beberapa saat sampai proses pembuatannya selesai.

Nah, di sini Anda telah selesai dalam proses pembuatan Blog Anda tersebut. Tidak sulit bukan teman-teman?

Mengenai bagaimana membuat postingan, mengatur tampilan Blog, menambahkan feature-feature tambahan ke dalam widget Blog Anda, menambahkan halaman-halaman khusus (seperti "Tentang Kami", "Hubungi Kami" dan lain sebagainya) ,mengubah/mengedit template dasar, memasukkan kata kunci, hingga bagaimana cara mengoptimalisasikan Blog tersebut untuk tujuan komersialisasi akan saya bahas pada postingan yang akan datang. Tunggu saja ya teman-teman...

Selamat mencoba...

✏Edit This

2 Readers Interaction

jasa facebook ads said...

mantaaap tutorialnya mampir ya http://bit.ly/1rJ4toQ

Unknown said...

Tadi saya baru buat dan berhasil kemudian paska akun berhasil di buat, muncul kolom judul. saya coba ketik 1 kalimat dan saya enter terus muncul kirimkan kepada. Nah, pertanyaannya bagaimana membatalkan postingan itu? karena saya tadi tidak berniat posting melainkan salah .