Loading

Cara Memasang Webvisum pada Web Browser Firefox

1 comment

Webvisum.com adalah sebuah situs yang sengaja dihadirkan untuk membantu tunanetra dalam membaca "ReCAPTCHA challenge image" yaitu sebuah code berbentuk grafis yang berisi tulisan abstrak dan sangat tidak beraturan bentuknya. Tulisan tersebut dibentuk dari perpaduan antara huruf besar, huruf kecil dan angka-angka.

Pada tulisan terdahulu saya hanya memberi garis besar langkah-langkahnya saja. Namun karena beberapa teman tunanetra mengeluhkan akan sulitnya mengikuti langkah-langkah yang saya berikan tersebut maka saya pun segera merevisi seluruh isi tulisan saya tentang Webvisum ini.

Di sini saya juga menyisipkan frame Webvisum sehingga nantinya teman-teman sekalian bisa langsung mempraktekkan setiap langkah demi langkah tanpa harus membuka jendela browser yang baru.

Pada tulisan saya kali ini pun sengaja saya berikan petunjuk langkah demi langkahnya dengan sedetail-detailnya dan dengan beberapa Short-cut sebagai tambahan. namun jika teman-teman sekalian masih mengalami kesulitan silakan beri masukkan melalui Email saya sibocahberuntung@gmail.com atau melalui link komentar yang ada di bawah setiap artikel yang ada. Tenang saja, saya sudah singkirkan "ReCAPTCHA challenge image" yang ada pada link komentar di blog ini dengan tujuan mempermudah teman-teman tunanetra dalam memberikan komentar nantinya.

Di sini saya juga telah menyiapkan sebuah account di Webvisum dengan User Name "untuk tunanetra" dan password "tunanetra" agar bisa diakses oleh siapa pun yang membutuhkan.

Baiklah, mari kita mulai saja pembahasan kali ini...

Mendaftar Webvisum

Untuk mempunyai account di Webvisum Anda harus mendapatkan undangan dari teman yang telah lebih dulu memiliki account di Webvisum. Jika Anda ingin saya undang maka silakan kirimkan Email Anda ke sibocahberuntung@gmail.com atau silakan Anda kirimkan "Invitation" ke Email Anda sendiri dengan menggunakan account Webvisum yang telah saya sediakan.

Anda mendapat undangan lalu buka Inbox Email Anda. Kemudian buka kiriman Email dari Webvisum dan cari link yang diberikan oleh Webvisum dalam Email tersebut dan tekan Enter. Di sini Anda akan dibawa ke halaman "Register" untuk membuat account di Web visum. Lalu tekan tombol huruf E untuk langsung menuju ke kotak edit "User Name". Pada kotak edit "User Name" ketik nama pengguna yang ingin Anda gunakan, perlu diketahui nama pengguna di Webvisum diperbolehkan menggunakan huruf besar ataupun huruf kecil, dan juga bisa menggunakan spasi diantara nama yang digunakan, jumlah huruf yang bisa digunakan minimal 3 karakter dan maksimal 20 karakter. Lalu tekan Tab sekali sampai ke kotak edit "Full Name", di sini ketik nama lengkap Anda, kemudian tekan Tab sekali sampai ke kotak edit "Email", di sini ketik alamat Email Anda, lalu tekan Tab sekali sampai ke kotak edit "Password" dan ketik kata sandi yang Anda inginkan di sini, kemudian tekan Tab sekali ke kotak edit "confirm Password" maka ketikkan kembali kata sandi yang telah Anda tulis di kotak edit sebelumnya, kemudian tekan Tab sekali lagi sampai ke "Invitation Code" di sini lewati saja karena bila Anda mendapat undangan dari teman untuk mendaftar ke Webvisum biasanya di sini sudah terisi dengan sendirinya.

semua data terisi lalu tekan Tab sampai ke tombol "Create Account" dan tekan Enter.

Setelah melalui langkah-langkah tersebut lalu tekan tombol huruf H beberapa kali untuk membaca semua heading yang ada, jika Anda menemukan heading yang berbunyi "You are almost done", maka proses pembuatan account Anda hampir selesai. Lalu silakan Anda buka Inbox Email Anda dan buka kiriman terbaru dari Webvisum yang berisi keterangan untuk konfirmasi. Kemudian ikuti saja link yang diberikan oleh Web visum. Jika Anda mengikuti link tersebut maka Anda akan dibawa kembali ke halaman Webvisum yang memberitahukan bahwa Anda telah mengkonfirmasi dan account Webvisum Anda telah aktif. Di sini berarti account yang Anda buat telah berhasil dan siap untuk digunakan.

Menginstal Webvisum ke Mozilla Firefox milik Anda

Sayangnya Webvisum hanya bisa di Plug in ke web browser Mozilla Firefox saja dan tidak bisa diinstal ke web-browser lainya seperti Internet Explorer, Safari, Opera, Google Chrome, dan lain sebagainya. Mozilla Firefox yang bisa di plug in pun hanya Firefox versi 3.5 hingga Firefox versi terbaru.

Untuk menginstal Webvisum pun caranya cukup mudah, silakan Anda ikuti langkah-langkah berikut untuk menginstal Webvisum.

Log In dengan menggunakan account Webvisum Anda, namun bila Anda belum memiliki account di Webvisum silakan gunakan account Webvisum yang saya sediakan berikut ini. Anda bisa Log In dengan menggunakan UserName "untuk tunanetra" dan password "tunanetra". Setelah Anda Log In dengan user name dan password tersebut lalu tekan Insert + F7 untuk mengumpulkan seluruh link yang ada, kemudian tekan tombol huruf D untuk menuju ke link "Download" dan tekan Enter. Setelah terbuka halaman download Webvisum lalu kumpulkan seluruh link yang ada sekali lagi, dan tekan tombol huruf I untuk menuju ke "install the WebVisum extension" dan tekan Enter. Sesaat setelah menekan Enter, segera tekan Alt + A untuk meng-Add On Webvisum ke program Mozilla Firefox dan tunggulah sampai proses Install-nya selesai. Jika proses Add-On telah selesai maka computer akan meminta Anda untuk meRestart Firefox yang Anda gunakan, maka setujui saja permintaan Restart dari computer Anda.

Mengaktifkan Webvisum yang telah diinstall

Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan Webvisum yang telah diinstal. Tekan Alt + T untuk langsung ke "Tools". Lalu gunakan panah bawah dan cari Webvisum, lalu tekan Enter setelah ketemu. Di dalam sub menu Webvisum lalu gunakan panah atas/bawah cari Log In lalu tekan Enter. Di sini akan terbuka kotak edit "User Name" maka ketikkan user name Anda. Kemudian tekan Tab sekali sampai ke kotak edit "Password", di sini ketikkan password Anda. Namun jika Anda belum memiliki account di Webvisum silakan gunakan User Name dan Password yang telah saya sediakan di atas. Setelah Anda Log In dan computer mengatakan "You are log in to Web visum" maka Webvisum Anda telah siap untuk digunakan.

Menggunakan Webvisum

Untuk menggunakan Webvisum sangat mudah, berikut langkah-langkahnya...

Silakan Anda arahkan cursor ke "ReCAPTCHA challenge image" yang ingin dibaca oleh Web visum. Lalu tekan Control + Alt + angka 6 secara bersama-sama. Kemudian tunggulah beberapa saat sampai komputer mengatakan "the result has add to your clipboard and ready to paste" lalu tekan Control + V untuk men-paste-kan tulisan yang ada di dalam clipboard ke kotak edit yang telah disediakan.

Mengundang teman untuk bergabung ke Webvisum.

Jika Anda telah memiliki account di Webvisum maka Anda bisa juga mengundang teman-teman Anda untuk bergabung dan menggunakan bantuan Web visum. Namun bila Anda belum memiliki account di Webvisum silakan Anda kirimkan undangan ke Email Anda sendiri dengan menggunakan account Webvisum yang telah saya sediakan di atas. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengundang teman-teman Anda untuk bergabung ke Webvisum.

Buka www.webvisum.com, dan log in dengan menggunakan account Webvisum Anda atau gunakan account Webvisum yang telah saya sediakan. Lalu tekan Insert + F7 untuk mengumpulkan link yang ada. Tekan tombol huruf I untuk menuju ke link "Invitation" dan tekan Enter. Setelah terbuka halaman "Invitation" lalu tekan tombol huruf E untuk menuju ke kotak edit "Email" dan ketikkan alamat Email yang akan diundang di sini. Tekan Tab sekali sampai ke tombol "Send Invitation Code" dan tekan Enter. Maka undangan Webvisum pun telah Anda kirimkan ke alamat Email tujuan.

Kiranya cukup sekian dulu pembahasan kali ini. Semoga artikel ini bisa memberi banyak manfaat kepada Anda sekalian. Terima kasih atas perhatiannya, wa salam.


Kembali ke atas.

✏Edit This

1 Reader Interaction

Mahmud Faiz said...

kok pas saya login pake username saya nggak bisa masuk?